...

Tol Lingkar Dalam Jakarta: Nadi Lalu Lintas Ibu Kota yang Strategis

Tol Lingkar Dalam

Di tengah padatnya mobilitas ibu kota, Tol Lingkar Dalam Jakarta menjadi salah satu jalur vital yang menopang pergerakan masyarakat dan distribusi logistik.

Lebih dari sekadar jalan bebas hambatan, tol ini merupakan bagian penting dari sejarah pembangunan infrastruktur Jakarta yang terus berkembang sejak 1960-an hingga sekarang.

Artikel ini akan mengajak Anda memahami seluk-beluk Tol Lingkar Dalam, manfaatnya bagi pengguna harian maupun korporasi, serta bagaimana Anda dapat memaksimalkan potensi bisnis melalui dukungan sistem tol yang terpercaya.

Apa Itu Tol Lingkar Dalam Jakarta?

Tol Lingkar Dalam
By RasyaAbhirama13 – Own work, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=149763121

Tol Lingkar Dalam Jakarta (Jakarta Inner Ring Road / JIRR 1) adalah jaringan jalan tol yang mengitari inti kota Jakarta.

Jalan tol ini merupakan bagian dari sistem cincin jalan bebas hambatan Jabodetabek yang terdiri dari lima lapis ring road. Dalam sistem tersebut, JIRR 1 menempati posisi terdalam—membentuk jalur strategis yang menghubungkan pusat bisnis, kawasan industri, hingga pelabuhan utama.

Pembagian Operasional

Tol ini terbagi ke dalam beberapa ruas yang dikelola oleh dua operator utama:

  • PT Jasa Marga (Persero) Tbk: mengoperasikan ruas Cawang–Tomang–Cengkareng.

  • PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk: mengelola ruas Cawang–Tanjung Priok–Pluit.

Sebagian besar dari jaringan tol ini dibangun dengan teknologi Sosrobahu, memungkinkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu lalu lintas di bawahnya. Hingga kini, Tol Lingkar Dalam Jakarta dikenal sebagai jalan layang terpanjang di Jakarta.

Baca juga: Smart CCTV dan Perbandingannya dengan CCTV Analog

Sejarah Singkat: Dari Djakarta Bypass ke Tol Lingkar Dalam

Cikal bakal Tol Lingkar Dalam Jakarta bermula dari Jalan Jenderal Gatot Subroto yang dibangun sejak 1960-an dan berlanjut hingga kawasan Cawang.

Di sisi timur, pembangunan Jalan Jenderal Ahmad Yani dan Jalan Laksamana Yos Sudarso menjadi jalur penting yang terhubung langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok, yang pada saat itu dikenal sebagai Djakarta Bypass.

Didanai oleh Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat, Djakarta Bypass selesai pada 1963 dan berperan sebagai jalur distribusi barang yang memotong jalur utama Jakarta—memungkinkan kendaraan berat melewati kota tanpa mengganggu arus lalu lintas pusat.

Ruas-Ruas Tol Lingkar Dalam Jakarta

Tol Dalam Kota JIRR
Dok. Intracs

Hingga kini, Tol Lingkar Dalam Jakarta terdiri dari 4 ruas utama:

  1. Tol Cawang–Pluit
    Dikenal sebagai Tol Dalam Kota Jakarta, dibangun bertahap antara 1987–1996.

  2. Tol Pelabuhan (Pluit–Tanjung Priok)
    Diselesaikan pada tahun 1992 untuk mendukung distribusi ke pelabuhan.

  3. Tol Ir. Wiyoto Wiyono (Cawang–Tanjung Priok)
    Dibuka pada 1990, menghubungkan kawasan timur Jakarta.

  4. Tol Prof. Dr. Sedyatmo (Tol Bandara)
    Jalan tol pertama yang dibangun (1985), menghubungkan Jakarta dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Keempat ruas tersebut membentuk sistem transportasi yang komprehensif dan saling terintegrasi, menjadikannya sebagai jalur andalan bagi kendaraan pribadi, angkutan umum, maupun armada logistik.

Baca juga: Variable Message Sign (VMS): Solusi Kelola Lalu Lintas

Sistem Tarif dan Transaksi

Sistem pembayaran yang diterapkan adalah Transaksi Terbuka, dengan tarif flat antar gerbang tol. Berdasarkan keputusan Kementerian PUPR RI no. 2130/KPTS/M/2024, tarif terbaru yang berlaku sejak 22 September 2024 pukul 00:00 WIB adalah sebagai berikut (dalam satuan rupiah redenominasi):

Golongan Tarif
I 11,00
II 16,50
III 16,50
IV 19,00
V 19,00

Transaksi dapat dilakukan secara nontunai (cashless) menggunakan kartu elektronik dari berbagai bank, mendukung kelancaran dan efisiensi perjalanan.

Mengapa Tol Lingkar Dalam Penting bagi Bisnis?

Bagi pelaku bisnis dan korporasi, keberadaan Tol Lingkar Dalam bukan hanya mempersingkat waktu tempuh, tetapi juga menjadi penentu utama efisiensi logistik dan mobilitas operasional.

Akses cepat ke pelabuhan, pusat distribusi, kawasan perkantoran, hingga bandara memberikan keunggulan kompetitif dalam rantai pasok (supply chain) dan pengiriman barang.

Baca juga: Weight in Motion (WIM): Definisi, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Pentingnya kelancaran lalu lintas juga berdampak langsung pada:

  • Biaya operasional perusahaan logistik,

  • Kepuasan pelanggan, khususnya di industri e-commerce dan retail,

  • Keamanan armada dan pengiriman,

  • Produktivitas karyawan dalam kegiatan komuter harian.

Dengan kata lain, Tol Lingkar Dalam Jakarta bukan hanya jalan tol. Ia adalah urat nadi bagi pergerakan ekonomi Jakarta dan sekitarnya.

Dukung Efisiensi Tol Anda Bersama Intracs

Portfolio Intracs: Fiber Optic Network & Toll Equipment
Portfolio Intracs: Fiber Optic Network & Toll Equipment

Selama lebih dari 30 tahun, PT Module Intracs Yasatama (Intracs) telah menjadi mitra terpercaya dalam menyediakan perangkat sistem tol, termasuk:

  • Gerbang tol otomatis (GTO),

  • Electronic Toll Collection (ETC),

  • Automatic Vehicle Classification (AVC),

  • dan berbagai perangkat lunak dan keras pendukung operasional tol.

Sebagai perusahaan yang berpengalaman dan bersertifikasi, Intracs memahami bahwa efektivitas jalan tol sangat bergantung pada keandalan sistem yang digunakan.

Baca juga: Tol JORR: Penghubung Strategis Jakarta dan Solusi Mobilitas Modern

Kami hadir untuk mendukung operator tol dan mitra usaha agar bisa memberikan layanan terbaik dengan teknologi yang presisi, efisien, dan tahan lama.

Penutup

Tol Lingkar Dalam Jakarta bukan sekadar jalur alternatif di tengah kota. Ia adalah hasil dari perencanaan panjang dan pembuktian akan pentingnya infrastruktur dalam kemajuan ekonomi ibu kota.

Baik Anda pengguna setia jalan tol maupun pelaku bisnis yang membutuhkan solusi sistem tol, memahami nilai strategis dari jalan ini adalah langkah awal yang penting.

Percayakan kebutuhan teknologi tol Anda hanya kepada penyedia yang berpengalaman. Intracs, dengan rekam jejak lebih dari tiga dekade, siap mendukung sistem jalan tol Indonesia yang lebih modern, cepat, dan andal.

Hubungi kami sekarang untuk konsultasi dan penawaran terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

IN-Control

CCTV
CCTV

Alat untuk memotret lajur gardu yang dilalui kendaraan. Setiap terjadi transaksi CCTV mengirim gambar ke Plaza CCTV Server (PCCS). Setiap terjadi deteksi CCTV mengirim gambar ke PCCS. Setiap terjadi OBS Alarm CCTV mengirim gambar ke PCCS. Terdapat fasilitas untuk mengirim gambar ke PCCS dengan periode waktu tertentu yang biasa dipilih

IN-Control

Air Navigation System Bandar Udara
Air Navigation System Bandar Udara

Air Navigation System adalah peralatan yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara terutama pesawat udara untuk mencegah antar pesawat terlalu dekat satu sama lain, mencegah tabrakan antar pesawat udara dan pesawat udara dengan rintangan yang ada di sekitarnya selama beroperasi. Mengatur kelancaran arus lalu lintas, membantu pilot dalam mengendalikan keadaan darurat, memberikan informasi yang dibutuhkan pilot (seperti informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan.

IN-Control

Sistem Perparkiran Access Control
Sistem Perparkiran Access Control

Member Pengguna Jasa Parkir tidak perlu lagi berhenti untuk tapping ID Card saat melewati gerbang masuk area perpakiran, namun begitu tetap harus mengurangi kecepatan saat memasuki Gerbang Area Parkir yaitu adalah 20 km per jam. Setelah terjadi deduct antara OBU dengan Transceiver secara komunikasi infra red maka palang gate parkir akan terbuka maka kendaraan Pengguna Jasa Parkir dapat memasuki gerbang area perpakiran.

IN-Control

Automatic Lane Barrier
(ALB)
ALB

Automatic Lane Barrier (ALB) berfungsi sebagai penutup lajur gardu dengan memberikan penghalang fisik yang mudah terlihat oleh pengemudi kendaraan, serta sebagai perangkat law-enforcement

IN-Sensor

Sensor Automatic Vehicle
Classification (AVC)
AVC

Sensor Automatic Vehicle Classification (AVC) adalah alat bantu untuk mengidentifikasi golongan kendaraan yang melintas di ‘island’ gardu tol

IN-Sensor

Sistem Pembayaran Tol
Teknologi RFID
RFID

Sistem pembayaran tol prabayar berbasis Mobile Application dan Sticker yang menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) dan source of fund berbasis Voucher Elektronik (VE). Teknologi ini dapat membantu kelancaran berlalu lintas di tol karena tak perlu berhenti ketika melakukan transaksi

IN-Sensor

Optical Beam Sensor (OBS)
Optical Beam Sensor (OBS)

Optical Beam Sensor (OBS) adalah alat untuk mendeteksi kendaraan saat melewati sensor yang terletak di ‘island’ gardu transaksi

IN-Display

Variable Message Sign (VMS)
Variable Message Sign (VMS)

Variable Message Sign (VMS) adalah teknologi berbasis display informasi yang berfungsi sebagai Traffic Management System dengan menampilkan info terkini terkait area jalan tol

IN-Display

Lampu Lalu Lintas Atas (LLA)
Lampu Lalu Lintas Atas (LLA)

Lampu Lalu Lintas Atas (LLA) adalah alat petunjuk gardu transaksi yang menggunakan lampu LED berukuran 5mm yang tampilannya berupa gambar panah hijau dan silang merah

IN-Display

Toll Fare Information (TFI)
Toll Fare Information (TFI)

Toll Fare Information (TFI) menampilkan informasi gerbang transaksi, golongan kendaraan, tarif, nilai sisa pada transaksi kartu E-Toll, dan status proses transaksi yang sedang dilaksanakan melalui display layar

IN-Payment

Reader

Reader adalah alat yang didesain untuk membaca kartu uang elektronik dalam proses melakukan transaksi secara digital

IN-Payment

Mobile Reader
Mobile Reader Intracs

Mobile Reader adalah alat bantu tapping transaksi pembayaran tarif tol yang berfungsi untuk mempercepat waktu transaksi pembayaran tol. Melalui alat tersebut, petugas akan menghampiri pengendara yang berada dalam antrean kendaraan di gerbang tol, sehingga dapat mengurai antrean kendaraan yang memasuki gardu

IN-Payment

GTO Multi
GTO Multi Jalan Tol Intracs

Gardu Tol Otomatis (GTO) Multi adalah Gardu Tol yang dioperasikan untuk melayani transaksi pembayaran tarif tol berdasarkan data kendaraan dari integrasi sensor, semua golongan kendaraan dan asal gerbang secara elektronik dengan kartu elektronik / E-toll

IN-Payment

GTO Single
GTO Single Jalan Tol Intracs

Gardu Tol Otomatis (GTO) Single adalah Gardu Tol yang dioperasikan untuk melayani transaksi pembayaran tarif tol berdasarkan data kendaraan dari integrasi sensor, khusus kendaraan kecil / Golongan Satu dan asal gerbang secara elektronik dengan kartu elektronik / E-toll

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.