Tol BORR: Infrastruktur Strategis untuk Mobilitas dan Pertumbuhan Ekonomi Bogor

Tol BORR
Ilustrasi Tol BORR

Kemacetan bukan hanya masalah teknis, tapi hambatan nyata terhadap produktivitas dan pertumbuhan ekonomi.

Kota Bogor, sebagai salah satu kawasan penyangga Jakarta, kerap mengalami kepadatan lalu lintas yang signifikan, terutama di jalur utama seperti Jalan KH. Sholeh Iskandar.

Kehadiran Tol BORR (Bogor Outer Ring Road) menjadi solusi konkret yang tidak hanya mempermudah mobilitas, tapi juga memperkuat konektivitas antar wilayah dan mendongkrak sektor ekonomi lokal.

Apa Itu Tol BORR?

Tol BORR
Jalan Tol Bogor Outer Ring Road – Dok. BPJT

Tol BORR atau Jalan Tol Lingkar Luar Bogor adalah jaringan jalan tol sepanjang 11 km yang menghubungkan wilayah Sentul Selatan hingga Simpang Salabenda.

Jalan tol ini melintasi Kecamatan Sukaraja (Kabupaten Bogor), Bogor Utara, dan Tanah Sareal (Kota Bogor), menjadikan Tol Bogor Outer Ring Road sebagai jalur alternatif penting dari dan menuju pusat Kota Bogor melalui sisi utara dan barat.

Proyek ini dikelola oleh PT Marga Sarana Jabar, sebuah konsorsium antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk (55%) dan BUMD PT Jasa Sarana Jabar (45%).

Tol BORR juga dirancang sebagai bagian dari jaringan besar JORR 3 (Jakarta Outer Ring Road 3) yang akan menghubungkan koridor Sentul Selatan – Jonggol – Karawang Barat dan Bogor – Serpong via Parung.

Sejarah dan Pembangunan Tol BORR

Tol BORR
Jalan Tol Bogor Outer Ring Road Seksi 3A Simpang Yasmin – Semplak (Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.)

Pemasangan tiang pancang pertama Tol BORR dilakukan pada 23 November 2005. Pembangunan konstruksinya secara resmi dimulai pada 14 Maret 2008 dan pengoperasiannya diresmikan oleh Menteri PU Djoko Kirmanto pada 23 November 2009. Tol BORR menjadi ruas tol pertama yang diresmikan dalam 100 hari kerja pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II.

Baca juga: Tol JORR: Penghubung Strategis Jakarta dan Solusi Mobilitas Modern

Proyek ini dibiayai dengan total investasi sebesar Rp 1,61 triliun, dengan 70% pendanaan berasal dari Bank Mandiri, BNI, dan BRI.

Pembagian Ruas Tol BORR:

  • Seksi 1 (Sentul Selatan – Kedunghalang): 3,7 km – mulai beroperasi sejak November 2009

  • Seksi 2A (Kedunghalang – Kedungbadak): mulai beroperasi 30 Mei 2014

  • Seksi 2B (Kedungbadak – Simpang Yasmin): 2,65 km – mulai beroperasi 7 Juni 2018

  • Seksi 3 (Simpang Yasmin – Simpang Salabenda): 3,2 km – dalam proses pengembangan

Tol BORR: Solusi Lalu Lintas dan Pendorong Investasi

Tol BORR bukan hanya jalur alternatif, tapi katalisator pertumbuhan ekonomi Kota Bogor. Keberadaannya berhasil:

  • Mengurai kemacetan di Jalan KH. Sholeh Iskandar, salah satu jalur tersibuk dan penghubung utama Kota Bogor.

  • Mempermudah konektivitas antara Jalan Parung, Sentul, dan Tol Jagorawi.

  • Mempersingkat waktu tempuh dan memfasilitasi distribusi barang dan jasa lebih efisien.

Tak hanya itu, Tol BORR juga mendorong geliat investasi dan properti, seperti:

  • Pertumbuhan kawasan Kemang dan Dramaga sebagai wilayah hunian strategis.

  • Pembangunan One Central Business District di Kedunghalang yang resmi dibuka pada 2024.

  • Peningkatan aktivitas bisnis dan logistik sebagai respons terhadap kemudahan akses.

Dampak Positif Tol BORR bagi Ekonomi dan Pariwisata

Tol Bogor Outer Ring Road di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (31-1-2020)/ANTARA – Arif Firmansyah

Pertumbuhan ekonomi Bogor tercatat mengalami peningkatan rata-rata 5% per tahun sejak 2022, sebagian besar didorong oleh pembangunan infrastruktur, termasuk Tol BORR. Jalan tol ini juga menciptakan efek domino terhadap berbagai sektor lain seperti:

1. Pariwisata

Bogor yang dikenal dengan iklim sejuk dan destinasi alam menarik menjadi lebih mudah dijangkau. Tol Bogor Outer Ring Road mempermudah akses wisatawan menuju tempat-tempat populer seperti:

  • Kebun Raya Bogor

  • Curug Nangka dan Curug Luhur

  • Kampung Wisata Sindangbarang

  • Kawasan wisata kuliner Jalan Pajajaran

Baca juga: Tol Lingkar Dalam Jakarta: Nadi Lalu Lintas Ibu Kota yang Strategis

2. Properti dan Hunian

Kawasan sekitar Tol Bogor Outer Ring Road menjadi lokasi incaran pengembang properti karena:

  • Potensi pertumbuhan nilai lahan

  • Kedekatan dengan pusat bisnis baru

  • Infrastruktur pendukung yang memadai

3. Mobilitas dan Logistik

Bagi pelaku usaha, keberadaan Tol Bogor Outer Ring Road mempermudah:

  • Distribusi barang ke Jabodetabek

  • Mobilisasi kendaraan angkutan logistik

  • Efisiensi operasional dan penghematan biaya transportasi

Intracs: 30 Tahun Menyediakan Solusi Teknologi Jalan Tol Indonesia

cropped-intracs.png

Keberhasilan pengoperasian Tol BORR tentu tak lepas dari dukungan teknologi andal di baliknya. Intracs, sebagai penyedia fiber optic network dan toll equipment terpercaya selama lebih dari 30 tahun, telah menjadi mitra utama dalam pengembangan infrastruktur tol di Indonesia.

Kolaborasi dengan Operator Ternama:

  • Jasa Marga: Kontribusi pada 58% jaringan tol yang mereka kelola

  • Hutama Karya (Trans Sumatera): Terlibat di 85% jaringan tol

  • Waskita: Mendukung 90% dari jaringan tol operasional mereka

Solusi Teknologi Intracs:

  • Jaringan fiber optic yang menjamin komunikasi real-time antar sistem

  • Perangkat tol berkualitas tinggi untuk sistem pembayaran, sensor kendaraan, dan pengawasan lalu lintas

  • Sistem monitoring yang memudahkan operator tol dalam mengelola lalu lintas dan keamanan

Dengan pengalaman dan keahlian teknis yang mumpuni, Intracs terus berkomitmen untuk menjadi mitra utama dalam setiap proyek pembangunan jalan tol di Indonesia, termasuk kawasan strategis seperti Tol BORR.

Baca juga: Kemitraan ILCS & Intracs: Swing Barrier di Pelindo

Penutup: Tol BORR dan Masa Depan Infrastruktur Bogor

Tol BORR bukan sekadar penghubung antar ruas jalan, tetapi bagian dari transformasi besar mobilitas, investasi, dan kesejahteraan Kota Bogor. Dengan perencanaan matang dan pengelolaan profesional, tol ini menjadi fondasi bagi pertumbuhan kota yang lebih teratur dan inklusif.

Sebagai penyedia solusi teknologi jalan tol, Intracs bangga menjadi bagian dari kemajuan ini. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dan kemitraan strategis bersama operator besar, kami terus mendukung pembangunan infrastruktur jalan tol di Indonesia yang lebih cerdas, efisien, dan berkelanjutan.

Hubungi kami sekarang untuk konsultasi dan penawaran terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

IN-Control

CCTV
CCTV

Alat untuk memotret lajur gardu yang dilalui kendaraan. Setiap terjadi transaksi CCTV mengirim gambar ke Plaza CCTV Server (PCCS). Setiap terjadi deteksi CCTV mengirim gambar ke PCCS. Setiap terjadi OBS Alarm CCTV mengirim gambar ke PCCS. Terdapat fasilitas untuk mengirim gambar ke PCCS dengan periode waktu tertentu yang biasa dipilih

IN-Control

Air Navigation System Bandar Udara
Air Navigation System Bandar Udara

Air Navigation System adalah peralatan yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara terutama pesawat udara untuk mencegah antar pesawat terlalu dekat satu sama lain, mencegah tabrakan antar pesawat udara dan pesawat udara dengan rintangan yang ada di sekitarnya selama beroperasi. Mengatur kelancaran arus lalu lintas, membantu pilot dalam mengendalikan keadaan darurat, memberikan informasi yang dibutuhkan pilot (seperti informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan.

IN-Control

Sistem Perparkiran Access Control
Sistem Perparkiran Access Control

Member Pengguna Jasa Parkir tidak perlu lagi berhenti untuk tapping ID Card saat melewati gerbang masuk area perpakiran, namun begitu tetap harus mengurangi kecepatan saat memasuki Gerbang Area Parkir yaitu adalah 20 km per jam. Setelah terjadi deduct antara OBU dengan Transceiver secara komunikasi infra red maka palang gate parkir akan terbuka maka kendaraan Pengguna Jasa Parkir dapat memasuki gerbang area perpakiran.

IN-Control

Automatic Lane Barrier
(ALB)
ALB

Automatic Lane Barrier (ALB) berfungsi sebagai penutup lajur gardu dengan memberikan penghalang fisik yang mudah terlihat oleh pengemudi kendaraan, serta sebagai perangkat law-enforcement

IN-Sensor

Sensor Automatic Vehicle
Classification (AVC)
AVC

Sensor Automatic Vehicle Classification (AVC) adalah alat bantu untuk mengidentifikasi golongan kendaraan yang melintas di ‘island’ gardu tol

IN-Sensor

Sistem Pembayaran Tol
Teknologi RFID
RFID

Sistem pembayaran tol prabayar berbasis Mobile Application dan Sticker yang menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) dan source of fund berbasis Voucher Elektronik (VE). Teknologi ini dapat membantu kelancaran berlalu lintas di tol karena tak perlu berhenti ketika melakukan transaksi

IN-Sensor

Optical Beam Sensor (OBS)
Optical Beam Sensor (OBS)

Optical Beam Sensor (OBS) adalah alat untuk mendeteksi kendaraan saat melewati sensor yang terletak di ‘island’ gardu transaksi

IN-Display

Variable Message Sign (VMS)
Variable Message Sign (VMS)

Variable Message Sign (VMS) adalah teknologi berbasis display informasi yang berfungsi sebagai Traffic Management System dengan menampilkan info terkini terkait area jalan tol

IN-Display

Lampu Lalu Lintas Atas (LLA)
Lampu Lalu Lintas Atas (LLA)

Lampu Lalu Lintas Atas (LLA) adalah alat petunjuk gardu transaksi yang menggunakan lampu LED berukuran 5mm yang tampilannya berupa gambar panah hijau dan silang merah

IN-Display

Toll Fare Information (TFI)
Toll Fare Information (TFI)

Toll Fare Information (TFI) menampilkan informasi gerbang transaksi, golongan kendaraan, tarif, nilai sisa pada transaksi kartu E-Toll, dan status proses transaksi yang sedang dilaksanakan melalui display layar

IN-Payment

Reader

Reader adalah alat yang didesain untuk membaca kartu uang elektronik dalam proses melakukan transaksi secara digital

IN-Payment

Mobile Reader
Mobile Reader Intracs

Mobile Reader adalah alat bantu tapping transaksi pembayaran tarif tol yang berfungsi untuk mempercepat waktu transaksi pembayaran tol. Melalui alat tersebut, petugas akan menghampiri pengendara yang berada dalam antrean kendaraan di gerbang tol, sehingga dapat mengurai antrean kendaraan yang memasuki gardu

IN-Payment

GTO Multi
GTO Multi Jalan Tol Intracs

Gardu Tol Otomatis (GTO) Multi adalah Gardu Tol yang dioperasikan untuk melayani transaksi pembayaran tarif tol berdasarkan data kendaraan dari integrasi sensor, semua golongan kendaraan dan asal gerbang secara elektronik dengan kartu elektronik / E-toll

IN-Payment

GTO Single
GTO Single Jalan Tol Intracs

Gardu Tol Otomatis (GTO) Single adalah Gardu Tol yang dioperasikan untuk melayani transaksi pembayaran tarif tol berdasarkan data kendaraan dari integrasi sensor, khusus kendaraan kecil / Golongan Satu dan asal gerbang secara elektronik dengan kartu elektronik / E-toll