Pilkada Serentak 2024: Optimalisasi Retribusi Daerah

Pilkada Serentak 2024
Ilustrasi pilkada serentak 27 November 2024 (foto: PNGtree)

Pilkada Serentak 2024 bukan hanya menjadi ajang politik untuk memilih kepala daerah baru, tetapi juga peluang emas bagi pemerintah daerah (pemda) untuk menunjukkan visi yang mampu membawa perubahan nyata.

Salah satu sektor yang sering kali luput dari perhatian namun memiliki dampak besar terhadap pendapatan asli daerah (PAD) adalah retribusi parkir.

Sistem retribusi parkir, jika dikelola dengan baik, dapat menjadi salah satu sumber pendapatan yang signifikan bagi pemda.

Namun, kenyataannya, banyak daerah masih menghadapi tantangan besar, mulai dari kebocoran pendapatan hingga ketidakefisienan sistem pengelolaan parkir.

Tantangan Retribusi Parkir di Daerah

Sistem retribusi parkir tradisional sering kali menghadirkan masalah seperti:

  1. Ketidaktransparanan Data: Banyak kasus di mana jumlah uang yang diterima di lapangan tidak sesuai dengan laporan resmi.
  2. Minimnya Infrastruktur Modern: Pemda sering kali masih mengandalkan sistem manual yang tidak mampu mencatat transaksi secara real-time.
  3. Keberadaan Tukang Parkir Liar: Fenomena ini membuat pendapatan retribusi parkir tidak masuk ke kas daerah.

Di tengah perubahan yang diharapkan dari Pilkada Serentak 2024, kepala daerah yang terpilih memiliki tanggung jawab untuk mencari solusi inovatif dalam menyelesaikan tantangan ini.

Digitalisasi Sistem Parkir untuk PAD yang Lebih Baik: Pilkada Serentak 2024

Modernisasi sistem parkir menjadi langkah strategis yang dapat diterapkan oleh pemda untuk mengoptimalkan retribusi parkir. Dengan sistem parkir digital, pemda dapat:

  • Memantau transaksi secara real-time.
  • Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas.
  • Mengintegrasikan pembayaran digital seperti QRIS untuk mempermudah masyarakat.

Sistem seperti ini tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna parkir, baik di kawasan perkantoran, tempat wisata, maupun pusat kota.

IN-Parking: Solusi Modern untuk Retribusi Parkir

 

Logo IN-Parking
Logo IN-Parking

Sebagai pelaku utama dalam solusi parkir digital, IN-Parking dari Intracs hadir untuk menjawab kebutuhan pemda dalam mengelola retribusi parkir secara lebih profesional dan efisien. Dengan fitur-fitur seperti:

  • Integrasi Pembayaran Digital: Mendukung berbagai metode pembayaran termasuk e-wallet dan QRIS.
  • Sistem Monitoring Real-Time: Memastikan setiap transaksi tercatat dengan baik.
  • Pengelolaan Data Transparan: Meminimalkan potensi kebocoran pendapatan.

Selain itu, sistem IN-Parking dapat diterapkan di berbagai lokasi, mulai dari fasilitas publik hingga pusat perbelanjaan, mendukung optimalisasi pendapatan daerah dengan cara yang mudah dan modern.

Pilkada Serentak 2024: Penutup

Pilkada Serentak 2024 membawa harapan baru bagi masyarakat akan pemimpin yang mampu membawa perubahan.

Salah satu langkah nyata yang bisa diambil adalah memprioritaskan digitalisasi retribusi parkir. Dengan menggandeng solusi seperti IN-Parking, pemda tidak hanya meningkatkan PAD, tetapi juga memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Mari jadikan momentum Pilkada Serentak 2024 sebagai langkah awal menuju daerah yang lebih maju dan modern!

Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi kami di:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

IN-Control

CCTV
CCTV

Alat untuk memotret lajur gardu yang dilalui kendaraan. Setiap terjadi transaksi CCTV mengirim gambar ke Plaza CCTV Server (PCCS). Setiap terjadi deteksi CCTV mengirim gambar ke PCCS. Setiap terjadi OBS Alarm CCTV mengirim gambar ke PCCS. Terdapat fasilitas untuk mengirim gambar ke PCCS dengan periode waktu tertentu yang biasa dipilih

IN-Control

Air Navigation System Bandar Udara
Air Navigation System Bandar Udara

Air Navigation System adalah peralatan yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara terutama pesawat udara untuk mencegah antar pesawat terlalu dekat satu sama lain, mencegah tabrakan antar pesawat udara dan pesawat udara dengan rintangan yang ada di sekitarnya selama beroperasi. Mengatur kelancaran arus lalu lintas, membantu pilot dalam mengendalikan keadaan darurat, memberikan informasi yang dibutuhkan pilot (seperti informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan.

IN-Control

Sistem Perparkiran Access Control
Sistem Perparkiran Access Control

Member Pengguna Jasa Parkir tidak perlu lagi berhenti untuk tapping ID Card saat melewati gerbang masuk area perpakiran, namun begitu tetap harus mengurangi kecepatan saat memasuki Gerbang Area Parkir yaitu adalah 20 km per jam. Setelah terjadi deduct antara OBU dengan Transceiver secara komunikasi infra red maka palang gate parkir akan terbuka maka kendaraan Pengguna Jasa Parkir dapat memasuki gerbang area perpakiran.

IN-Control

Automatic Lane Barrier
(ALB)
ALB

Automatic Lane Barrier (ALB) berfungsi sebagai penutup lajur gardu dengan memberikan penghalang fisik yang mudah terlihat oleh pengemudi kendaraan, serta sebagai perangkat law-enforcement

IN-Sensor

Sensor Automatic Vehicle
Classification (AVC)
AVC

Sensor Automatic Vehicle Classification (AVC) adalah alat bantu untuk mengidentifikasi golongan kendaraan yang melintas di ‘island’ gardu tol

IN-Sensor

Sistem Pembayaran Tol
Teknologi RFID
RFID

Sistem pembayaran tol prabayar berbasis Mobile Application dan Sticker yang menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) dan source of fund berbasis Voucher Elektronik (VE). Teknologi ini dapat membantu kelancaran berlalu lintas di tol karena tak perlu berhenti ketika melakukan transaksi

IN-Sensor

Optical Beam Sensor (OBS)
Optical Beam Sensor (OBS)

Optical Beam Sensor (OBS) adalah alat untuk mendeteksi kendaraan saat melewati sensor yang terletak di ‘island’ gardu transaksi

IN-Display

Variable Message Sign (VMS)
Variable Message Sign (VMS)

Variable Message Sign (VMS) adalah teknologi berbasis display informasi yang berfungsi sebagai Traffic Management System dengan menampilkan info terkini terkait area jalan tol

IN-Display

Lampu Lalu Lintas Atas (LLA)
Lampu Lalu Lintas Atas (LLA)

Lampu Lalu Lintas Atas (LLA) adalah alat petunjuk gardu transaksi yang menggunakan lampu LED berukuran 5mm yang tampilannya berupa gambar panah hijau dan silang merah

IN-Display

Toll Fare Information (TFI)
Toll Fare Information (TFI)

Toll Fare Information (TFI) menampilkan informasi gerbang transaksi, golongan kendaraan, tarif, nilai sisa pada transaksi kartu E-Toll, dan status proses transaksi yang sedang dilaksanakan melalui display layar

IN-Payment

Reader

Reader adalah alat yang didesain untuk membaca kartu uang elektronik dalam proses melakukan transaksi secara digital

IN-Payment

Mobile Reader
Mobile Reader Intracs

Mobile Reader adalah alat bantu tapping transaksi pembayaran tarif tol yang berfungsi untuk mempercepat waktu transaksi pembayaran tol. Melalui alat tersebut, petugas akan menghampiri pengendara yang berada dalam antrean kendaraan di gerbang tol, sehingga dapat mengurai antrean kendaraan yang memasuki gardu

IN-Payment

GTO Multi
GTO Multi

Gardu Tol Otomatis (GTO) Multi adalah Gardu Tol yang dioperasikan untuk melayani transaksi pembayaran tarif tol berdasarkan data kendaraan dari integrasi sensor, semua golongan kendaraan dan asal gerbang secara elektronik dengan kartu elektronik / E-toll

IN-Payment

GTO Single
GTO Single

Gardu Tol Otomatis (GTO) Single adalah Gardu Tol yang dioperasikan untuk melayani transaksi pembayaran tarif tol berdasarkan data kendaraan dari integrasi sensor, khusus kendaraan kecil / Golongan Satu dan asal gerbang secara elektronik dengan kartu elektronik / E-toll